Perencanaan, Instruksi, dan Teknologi

Gambar terkait
PERENCANAAN
Perencanaan adalah aspek penting untuk menjadi guru yang kompeten. Perencanaan instruksional adalah pengembangan atau penyusunan strategi sistematik dan tertata untuk merencanakan pelajaran.

PERENCANAAN DAN INSTRUKSI PELAJARAN TEACHER-CENTERED
Perencanaan Pelajaran Teacher-Centered
Tiga alat umum di sekolah yang berguna dalam perencanaan teacher-centered adalah menciptakan sasaran behavioral (perilaku), menganalisis tugas, dan menyusun taksonomi (klasifikasi) instruksional.

Menciptakan Sasaran Behavioral. Sasaran behavioral adalah pernyataan tentang perubahan yang diharapkan oleh guru akan terjadi dalam kinerja murid. Robet Mager percaya bahwa sasaran behavioral harus mengandung tiga bagian
  • Perilaku murid. Fokus pada apa yang akan dipelajari atau dilakukan murid.
  • Kondisi di mana perilaku terjadi. Menyatakan bagaimana perilaku akan dievaluasi atau dites.
  • Kriteria kinerja. Menentukan level kinerja yang dapat diterima.

Menganalisis Tugas. Menganalisis tugas difokuskan pada pemecahan suatu tugas kompleks yang dipelajari murid menjadi komponen-komponen.

Menyusun Taksonomi Instruksional. Taksonomi adalah sistem klasifikasi. Taksonomi Bloom dikembangkan oleh Benjamin Bloom dan kawan-kawannya. Taksonomi ini mengklasifikasikan sasaran pendidikan menjadi tiga domain:
  1.  Domain kognitif. Domain ini mengandung enam sasaran, yaitu: pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, evaluasi.
  2. Domain afektif. Domain ini terdiri dari lima sasaran  yang berhubungan dengan respons emosional terhadap tugas, yaitu: penerimaan, respons, menghargai, pengorganisasian, menghargai karakterisasi.
  3. Domain psikomotor. Sasaran psikomotor menurut Bloom adalah: gerak refleks, gerak fundamental dasar, kemampuan perseptual, kemampuan fisik, gerakan terlatih, perilaku nondiskusif.
Instruksi Langsung
Instruksi langsung (direct instruction) adaah pendekatan teacher-centered­ yang terstruktur yang dicirikan oleh kontrol guru, ekspektasi guru yang tinggi atas kemajuan murid, maksimalisasi waktu yang dihabiskan murid untuk tugas-tugas akademik, dan usaha oleh guru untuk meminimalkan pengaruh negatif terhadap murid.
Tujuan penting dari instruksi langsung adalah memaksimalkan waktu belajar murid. Waktu yang dipakai pada tugas-tugas akademik dikelas dinamakan waktu pembelajaran akademik.


Mastery Learning adalah suatu konsep pembelajaran atau topik secara menyeluruh sebelum pindah ke topik yang lebih sulit.

Prinsip Learner-Centered
Instruksi dan perencanaan learner-centered adalah pada siswa, bukan pada guru. Learner-Centered Principles Work Group (1997) percaya bahwa selama dekade yang lalu riset psikologi yang relevan dengan pendidikan telah memberikan banyak informasi, dan meningkatkan pemahaman kita tentang aspek kognitif, emosional dan kontekstual dari pembelajaran. Prinsip ini menekankan pembelajaran dan pelajar yang aktif dan reflektif.

TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN
Masyarakat informasi baru masih mengendalikan beberapa keahlian nonteknologi mendasar, seperti: keterampilan berkomunikasi, kemampuan memecahkan masalah, berpikir mendalam, berpikir kreatif, dan bersikap positif
.
Internet
Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer. Sistem internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung diseluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses murid.

Word Wide Web (Web) adalah sistem pengambilan informasi hypermedia yang menghubungkan 
berbagai materi Internet; materi ini mencakup teks dan grafis.

Website adalah lokasi individu atau organisasi di Internet. Website menampilkan informasi yang dimasukkan oleh individu atau organisasi.


E-mail adalah singkatan dari electronic mail dan merupakan bagian penting lain dari internet. Pesan dapat dikirim dan diterima dari individu atau dari banyak individu sekaligus. Internet adalah alat pembelajaran penting dalam proyek kaya teknologi yang disebut Cooperative Networked Educational Commuity of Tomorrow.

Dua sumber yang bagus untuk mempelajari lebih banyak tentang Internet dan cara membawanya ke kelas adalah Cybereducator dan Teaching with Technology.


0 komentar:

Posting Komentar