Perencanaan adalah
aspek penting untuk menjadi guru yang kompeten. Perencanaan instruksional
adalah pengembangan atau penyusunan strategi sistematik dan tertata untuk merencanakan
pelajaran.
PERENCANAAN DAN INSTRUKSI PELAJARAN TEACHER-CENTERED
Perencanaan Pelajaran Teacher-Centered
Tiga alat umum di
sekolah yang berguna dalam perencanaan teacher-centered
adalah menciptakan sasaran behavioral (perilaku), menganalisis tugas, dan
menyusun taksonomi (klasifikasi) instruksional.
Menciptakan Sasaran Behavioral. Sasaran behavioral adalah pernyataan tentang
perubahan yang diharapkan oleh guru akan terjadi dalam kinerja murid. Robet Mager
percaya bahwa sasaran behavioral harus mengandung tiga bagian
- Perilaku murid. Fokus pada apa yang akan dipelajari atau dilakukan murid.
- Kondisi di mana perilaku terjadi. Menyatakan bagaimana perilaku akan dievaluasi atau dites.
- Kriteria kinerja. Menentukan level kinerja yang dapat diterima.
Menganalisis Tugas. Menganalisis tugas difokuskan pada pemecahan suatu
tugas kompleks yang dipelajari murid menjadi komponen-komponen.
Menyusun Taksonomi Instruksional. Taksonomi adalah sistem klasifikasi. Taksonomi Bloom
dikembangkan oleh Benjamin Bloom dan kawan-kawannya. Taksonomi ini
mengklasifikasikan sasaran pendidikan menjadi tiga domain:
- Domain kognitif. Domain ini mengandung enam sasaran, yaitu: pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, evaluasi.
- Domain afektif. Domain ini terdiri dari lima sasaran yang berhubungan dengan respons emosional terhadap tugas, yaitu: penerimaan, respons, menghargai, pengorganisasian, menghargai karakterisasi.
- Domain psikomotor. Sasaran psikomotor menurut Bloom adalah: gerak refleks, gerak fundamental dasar, kemampuan perseptual, kemampuan fisik, gerakan terlatih, perilaku nondiskusif.
Instruksi Langsung
Instruksi langsung
(direct instruction) adaah pendekatan teacher-centered
yang terstruktur yang dicirikan oleh kontrol guru, ekspektasi guru yang
tinggi atas kemajuan murid, maksimalisasi waktu yang dihabiskan murid untuk
tugas-tugas akademik, dan usaha oleh guru untuk meminimalkan pengaruh negatif
terhadap murid.
Tujuan penting dari
instruksi langsung adalah memaksimalkan waktu belajar murid. Waktu yang dipakai
pada tugas-tugas akademik dikelas dinamakan waktu
pembelajaran akademik.
Mastery Learning adalah
suatu konsep pembelajaran atau topik secara menyeluruh sebelum pindah ke topik
yang lebih sulit.
Prinsip Learner-Centered
Instruksi dan
perencanaan learner-centered adalah pada siswa, bukan pada guru. Learner-Centered
Principles Work Group (1997) percaya bahwa selama dekade yang lalu riset
psikologi yang relevan dengan pendidikan telah memberikan banyak informasi, dan
meningkatkan pemahaman kita tentang aspek kognitif, emosional dan kontekstual
dari pembelajaran. Prinsip ini menekankan pembelajaran dan pelajar yang aktif
dan reflektif.
TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN
Masyarakat informasi
baru masih mengendalikan beberapa keahlian nonteknologi mendasar, seperti:
keterampilan berkomunikasi, kemampuan memecahkan masalah, berpikir mendalam,
berpikir kreatif, dan bersikap positif
.
Internet
Internet adalah inti
dari komunikasi melalui komputer. Sistem internet berisi ribuan jaringan
komputer yang terhubung diseluruh dunia, menyediakan informasi yang tak
terhingga yang dapat diakses murid.
Word Wide Web (Web)
adalah sistem pengambilan informasi hypermedia yang menghubungkan
berbagai
materi Internet; materi ini mencakup teks dan grafis.
Website adalah lokasi
individu atau organisasi di Internet. Website menampilkan informasi yang
dimasukkan oleh individu atau organisasi.
E-mail adalah singkatan
dari electronic mail dan merupakan bagian penting lain dari internet. Pesan dapat
dikirim dan diterima dari individu atau dari banyak individu sekaligus. Internet
adalah alat pembelajaran penting dalam proyek kaya teknologi yang disebut
Cooperative Networked Educational Commuity of Tomorrow.
Dua sumber yang bagus
untuk mempelajari lebih banyak tentang Internet dan cara membawanya ke kelas
adalah Cybereducator dan Teaching with Technology.
0 komentar:
Posting Komentar