PANDANGAN DAN PENILAIAN TERHADAP PENGGUNAAN E-MAIL DAN BLOG DALAM MATA KULIAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Kelompok 10 Psikologi
Pendidikan
Gunawan S (161301167)
Chyntia Ginting (161301168)
Warda Tina Sofia S (161301170)
Giovanni Paulo S (161301172)
Annisa Yunlinanda (161301174)
Khairunnisa Anggita R H (161301175)
Marsha Dwi Andarisa (161301214)
1.
Bagaimana pandangan dan
penilaian kelompok anda sehubungan dengan kewajiban setiap mahasiswa yang
mengikuti mata kuliah psikologi pendidikan 2 sks harus memiliki e-mail dan blog
ditinjau dari uraian psikologi pendidikan dan fenomena pendidikan di Indonesia,
Medan khususnya.
Jawaban:
Indonesia
merupakan Negara berkembang dimana ketersediaan infrastruktur komunikasi yang
masih minim mengakibatkan banyak orang yang ingin mendapatkan informasi dan
pengetahuan menjadi terbatas.Kesediaan infrastuktur ini masih sangat terasa di
daerah-daerah yang masih susah untuk mengakses informasi seperti di daerah
pedesaan.Hal ini disebabkan penyebaran teknologi informasi dan komunikasi di
Indonesia belum merata, hanya di kota-kota besar saja yang sudah mudah
menikmati dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia.Salah satu dampak yang
ditimbulkan adalah perkembangan pendidikan menjadi terhambat dan juga tidak
merata (Dede Yahya, 2011).Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang
terus berkembang sangat memberikan dampak yang besar terhadap dunia pendidikan
khususnya dalam proses pembelajaran di Indonesia.Dalam dunia pendidikan
keberadaan sistem informasi dan komunikasi merupakan komponen yang tidak dapat
dipisahkan dari aktivitas pendidikan terutama di zaman sekarang ini.Perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan pengaruh terhadap dunia
pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.Dalam proses pendidikan,
komunikasi dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti
internet, e-mail-, blog, dan lain-lain.
Pengaruh
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dizaman sekarang sangat berdampak
bagi kepentingan akademik, baik pihak pengajar maupun yang diajar.Berdasarkan
uraian fenomena pendidikan di atas, kami berpendapat bahwa penerapan kewajiban
setiap mahasiswa yang mengikuti mata kuliah psikologi pendidikan 2 sks harus
memiliki e-mail dan blog itu bagus
karena lebih efektif dn efisien.Setiap hal pasti mempunyai dampak positif dan
negative.Dalam hal ini kami akan menjelaskna dampak positif dan negatif e-mail
dan blog.
Dampak
positif e-mail dan blog:
1.
E-mail
dan blog memudahkan mahasiswa dan dosen dalam berkomunikasi maupun bertukar
informasi, dan membuat segala urusan lebih mudah dan efektif.
2.
E-mail
dan blog juga membuat kita mengurangi penggunaan kertas yang artinya kita
membantu dalam pencegahan global warming.
3.
Mahasiswa
juga bisa mengekspresikan pikiran-pikirannya yang dimuat dalam bentuk tulisan,
puisi dan lain-lain.
4.
Mahasiswa
dapat menjadi e-mail dan blog sebagai lahan untuk berbisnis yang dapat di akses
secara gratis di internet dan semua
orang dapat bebas mengaksesnya.
Dampak
negative e-mail dan blog:
1.
Mempermudah
terjadinya pelanggaran Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), karena orang yang
bersifat plagiatis(suka meniru) akan melakukan kecurangan.
2.
Dapat
terjadi akibat fatal jika terjadi suatu kebocoran dalam menjalankan sebuah
system.
3.
Menimbulkan
sifat apatis pada seorang individu.
Contoh: Seseorang anak lebih suka membuat tulisan di blog sehingga
ia kurang beriteraksi dengan teman sekitarnya.
Menurut kelompok kami mengenai penerapan email dan blog dikalangan
pelajar khususnya dikota Medan, belum dapat diterapkan ke beberapa sekolah
dikarenakan fasilitas di sekolah tersebut yang belum memadai.
Sumber:
Santrock, John
W.2007.Psikologi Pendidikan.Jakarta:Kencana
0 komentar:
Posting Komentar